Sunday 29 October 2017

Ciri-ciri Dunia menurut Ali bin Abi Thalib

Ciri-ciri Dunia menurut Ali bin Abi Thalib

                Telah sampai kepada kita berita bahwa seseorang datang kepada Ali bin Abi Thalib Ra. Seraya berkata: “ Sebutkanlah kepada kami cir -ciri dunia, maka Ali Ra. Pun menjawab :“Dunia tidak lain  adalah suatu tempat yang awalnya adalah kesusahan dan akhirnya adalah kehancuran. Yang halal darinya akan dihisab dan yang haram darinya akan diberi hukum. Yang kaya didalamnya terkena fitnah dan yang fakir di dalamnya bersedih hati “
Melalui ucapan nya in , Ali bin Abi Thalib R.a menjelaskan kepada kita tentang ciri-ciri dunia.
                Perhatikanlah penjelasan Ali R.a. tersebut apakah kita menemukan penjelasan dari beliau bahwa dunia bisa dijadikan sandaran untuk memperoleh kebahagiaan? Sekali kali, tidak. Dunia tidak akan pernah mampu memberi kebahagiaan hakiki bagi manusia. Dunia hanya menampilkan segala sesuatu yang bersifat semu dan sementara bagi kita. Hanya orang yang bersyahwat kepada dunia yang memandang dunia sebagai sumber kebahagiaan.
Ali R.a. mengatakan kepada kita bahwa dunia adalah tempat yang pada awalnya kesusahan dan akhirnya kehancuran. Adakah pilihan yang bisa kita ambil dari keadaan seperti itu? Bahkan Ali juga mengatakan, “yang halal dari dunia akan dihisab dan yang haram darinya akan mendapat hukuma; yang kaya mendat fitnah dan yang fakir akan mengalami kesedihan hati”. Sekali lagi, mungkinkah kita bisa memilih diantara pilihan-pilihan seperti itu? rasanya tak mungkin kita mengambil satu pilihanpun.
Lalu, apa arti nasihat ini? Kita diingatkan oleh Ali bin Abi Thalib Ra. Agar tidak menggantungkan harapan dan dambaan terhadap dunia. Tak ada apapun yang bernilai didalamnya. Dunia hanyalah sarana , bukan tujuan. Jangan terlalu mendamba nya , karena ia bukan akhir segalanya.


Sumber :
Judul buku : Nasehat-nasehat Emas Khulafaur Rasyidin


Halaman   : 186-187
Penulis.      : John Rinaldi
Penerbit    : SABIL



No comments:

Post a Comment